Contoh Contoh Proposal Usaha

 

Contoh Contoh Proposal Usaha

proposal usahaSaat mobilisasi bisnis, anda pasti membutuhkan seorang investor atau pemodal bukan? Nah anda udah paham belum bagaimana meraih investor atau pemodal yang menghendaki bergabung dalam usaha kamu? Kalau belum paham tepat banget nih artikel ini sesuai membuat kamu!

Bagi anda yang masih bingung bagaimana meraih investor atau pemodal, anda sanggup sebabkan proposal usaha. Lalu, apa sih proposal usaha itu?

Singkatnya adalah latar belakang dari bisnismu dan obyek dari bisnismu yang nantinya dilihat oleh seorang investor atau pemodal. Jika proposal anda menarik, maka investor atau pemodal sanggup saja tertarik untuk menanamkan modal di usaha kamu.

Makin penasaran bukan apa yang dimaksud proposal usaha itu ? Kalau begitu langsung saja deh kita bahas lebih lanjut apa itu proposal usaha dan bagaimana membuatnya sehingga muncul menarik. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal usaha.

Contoh Proposal Usaha Dagang

  • Target Pasar

Dengan tajuk grosir pakaian, maka bisnis ini diinginkan dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

Adapun targetnya adalah para remaja berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa.

  • Strategi Pemasaran

Harga Pasar

Karena mengidamkan menjangkau masyarakat rendah hingga menengah, maka harga yang ditawarkan tergolong murah dan ramah di kantong pelajar. Harga yang murah selanjutnya didapatkan sebab kami mendapatkannya langsung berasal dari produsen tanpa perantara lainnya.

Adapun harga untuk kaos dipatok lebih kurang Rp35.000,00/pcs dan untuk jaket berkisar Rp75.000,00/pcs.

Promosi

Promosi yang bakal dilakukan utamanya bakal pakai sosial tempat baik iklan atau tidak layaknya Instagram, Facebook dan sejenisnya. Tidak cuma itu, promosi bersama menyebarkan pamflet, banner toko dan lain sebagainya bakal dilakukan. Dengan demikian, maka bakal menjangkau target pasar yang lebih luas.

Strategi Penjualan

Adapun siasat penjualan yang bakal dilakukan diantaranya adalah beri tambahan pelayanan pelayanan yang maksimal serta beri tambahan potongan harga tertentu untuk tiap-tiap pembelian tertentu. Selain kedua hal tersebut, tentunya wajib menegaskan bahwa product layak digunakan.

  • Biaya Yang Dibutuhkan

Modal Awal

Sewa Tempat 1 Tahun    : Rp 25.000.000,-

Belanja Pakaian               : Rp 250.000.000,-

Biaya Promosi                  : Rp 5.000.000,-

Gaji Karyawan 1 Tahun  : Rp 50.000.000,-

Total = Rp330.000.000,00

Operasional 1 Bulan Pertama

Transportasi                                 : Rp 400.000,-

Listrik, air dan telepon               : Rp 750.000,-

Pemeliharaan alat dan daerah : Rp 500.000,-

Biaya lain                                       :Rp 2.000.000,-

Total                                              = Rp 3.650.000,-

  • Estimasi Pendapatan

Pendapatan Kaos

= 30 pcs/hari x Rp 35.000,-

= Rp 105.000,-

Dalam sebulan maka estimasi penghasilan penjualan kaos = 25 x Rp 105.000,- = Rp 26.250.000,-.

Pendapatan Jaket

= 30 pcs/hari x Rp 75.000,-

= Rp 2.250.000,-

Dalam sebulan maka estimasi penghasilan penjualan jaket = 25 x Rp 2.250.000,- = Rp 56.250.000,-

Total Pendapatan Bulanan

= penghasilan kaos + jaket

= Rp 26.250.000,- + Rp 56.250.000,-

= Rp 82.500.000,-

Proposal Usaha Jasa

  • Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab

Direktur

Siapapun yang memegang posisi Direktur akan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan bersama dengan Bimbel Sahabat Keluarga. Orang yang tempati posisi ini termasuk bertugas dan bertanggung jawab penuh atas koordinasi, melaksanakan pemeriksaan sampai mengawasi kinerja karyawan bimbel.

Tugas dan tanggung jawab lainnya adalah menyebabkan dan juga memutuskan kebijakan di Bimbel Sahabat Keluarga agar mampu terjadi bersama dengan maksimal.

Di akhir bulan atau di dalam jangka kala khusus akan mengadakan evaluasi kinerja dan sejenisnya demi kelancaran bisnis dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Bagian Akademik

Bagian akademik punyai tugas dan tanggung jawab atas sistem jalannya bimbel agar tidak bertabrakan bersama dengan jadwal lainnya. Bagian akademik bertugas untuk menyebabkan jadwal bimbel bersama dengan tutor dan mengabari ke-2 belah pihak jika terjadi perubahan jadwal dikarenakan alasan tertentu.

Tidak hanya mengatur jadwal antara siswa dan tutornya saja, namun termasuk melaksanakan pemeriksaan sampai analisa keefektifan sistem pembelajaran.

Bagian akademik termasuk bertanggung jawab atas pertumbuhan mutu tutor maupun pertumbuhan akedemik siswa tersebut.

Bagian Administrasi

Seperti halnya tugas dan tanggung jawab anggota administrasi pada umumnya, anggota ini akan bertugas di dalam urusan surat menyurat sampai arsip dokumen.

Disisi lain termasuk melaksanakan pengawasan pada absensi siswa maupun tutor dan sedia kan formulir pendaftaran, baik untuk tutor maupun siswa.

Bagian Keuangan

Bagian keuangan bertanggung jawab atas pengelolaan uang yang masuk dan terlihat di Bimbel Sahabat Keluarga.

Dalam tiap-tiap hari dan bulannya akan menyebabkan laporan keuangan untuk dijadikan evaluasi oleh direktur.

Disisi lain, ia akan bertanggung jawab secara penuh atas pengelolaan keuangan agar mampu digunakan secara efisien.

Bagian Marketing

Bagian ini merupakan anggota yang terlalu perlu demi kelancaran bisnis Bimbel Sahabat Keluarga. Orang yang tempati anggota marketing akan bertanggung jawab atas perekrutan siswa ataupun tutor dan capai obyek yang diberikan oleh atasannya.

Di sisi lain termasuk akan melaksanakan promosi ke sekolah dan mengatur sistem promosi agar efisien dan efisien.

Penyebaran brosur dan sejenisnya termasuk menjadi tanggung jawab anggota marketing. Pengelolaan social tempat akan menjadi tugas marketing untuk memperluas jaringan promosi.

Tutor

Tutor atau pengajar akan bekerjasama bersama dengan bidang akademik di dalam membimbing siswa yang udah terdaftar dan mengajarinya seefektif mungkin.

Seorang tutor akan bertanggung jawab atas kesuksesan dan peningkatan kekuatan akademik siswa yang diajarnya.

Di sisi lain, tutor akan bertugas melaksanakan evaluasi pada sistem pembelajaran yang dilakukan.

 

Target, Produk dan Pemasasaran

Sebagai awal perjalanan Bimbel Sahabat Keluarga, obyek konsumennya adalah para siswa siswa yang berada di area Cimahi. Adapun obyek atau kapasitas yang ingin dicapai adalah :

SD : 80 siswa yang terbagi atas 4 kelas

SMP : 75 siswa yang terbagi atas 5 kelas

SMA : 75 siswa yang terbagi atas 5 kelas

Mapel Pilihan : 60 siswa yang terbagi atas 4 kelas

Intenstif UN : 50 siswa yang terbagi atas 5 kelas

Produk

Produk jasa yang di tawarkan oleh Bimbel Sahabat Keluarga ini cukup banyak variasi dan mengatur bersama dengan keperluan pasar.

Adapun produk dari bimbel ini diantaranya adalah paket lazim untuk SD/sederajat sampai SMA/sederajat, paket mata pelajaran pilihan (bisa menentukan maksimal 3-4) dan paket untuk persiapan UN, baik untuk SD/sederajat ataupun SMA/sederajat.

Kelebihan Bimbel Sahabat Keluarga

Tutor adalah orang-orang profesional di bidangnya masing-masing.

Akan tersedia hadiah bagi siswa siswa yang terus-menerus beroleh peringkat 1 sepanjang 3x berturut-turut di sekolah.

Lingkungan studi nyaman bersama dengan perlindungan sarana AC, WiFi, speaker dan sebagainya.

Dalam sebagian bulan sekali akan diselenggarakan refreshing bersama dengan agar siswa tidak terlalu stress.

Setiap 2 minggu sekali akan diselenggarakan acara semangat dan spiritual agar para siswa semangat di dalam studi dan capai apa yang dicita-citakannya.

Proses studi yang mengasyikkan dan memakai modul yang ringan dipahami.